Saturday, 21 July 2012

PENANGAN ASMARA...

Saturday, 21 July 2012 2:25 PM
 
 

Putro Agus Harnowo - detikHealth
 

img


Bercinta sejatinya memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga, orgasme yang dihasilkan ketika bercinta juga dapat memperpanjang usia. Orgasme adalah kemampuan untuk menikmati puncak hubungan seksual.

"Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari berhubungan seks atau orgasme setiap hari," kata Yvonne K. Fulbright, PhD, penulis buku 'Pleasuring: The Secrets of Sexual Satisfaction' seperti dilansir Cosmopolitan.com, Minggu (25/12/2011).

Para ahli sepakat bahwa ada bukti yang berkembang luas mengenai manfaat kesehatan orgasme. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki dua kali orgasme atau lebih dalam seminggu hidup lebih lama daripada orang yang orgasemenya kurang dari itu.

Penelitian lain menunjukkan bahwa perempuan yang mengaku menikmati hubungan seksualnya hidup lebih lama dibandingkan perempuan yang kurang menikmati hubungan seksual.

Inilah alasan mengapa orgasme dapat memperpanjang usia:

1. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Salah satu alasannya kenapa bisa memperpanjang hidup bisa jadi karena orgasme memiliki efek positif terhadap berbagai organ dan sistem tubuh. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa ketika aktivitas seksual naik, risiko kanker payudara turun.

"Ini bisa disebabkan lonjakan hormon oksitosin yang datang ketika mengalami gairah dan orgasme," kata Beverly Whipple, PhD, penulis buku 'The Orgasm Answer Guide'.

2. Mencegah Serangan Jantung dan Menajamkan Pikiran

Ada juga bukti bahwa orgasme dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan menjaga otak tetap sehat.

"Scan fMRI menunjukkan bahwa otak perempuan lebih memanfaatkan oksigen selama orgasme daripada biasanya, mirip seperti efek berolahraga. Dengan kata lain, otak yang sedang makan membantu menjaga pikiran tetap tajam," kata Barry Komisaruk, PhD, penulis buku 'The Science of Orgasm'.

3. Meredakan Nyeri dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Orgasme juga dapat memblokir rasa sakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa orgasme dapat bekerja sebagai pereda nyeri alami untuk membantu meringankan kram menstruasi, migrain, dan nyeri lainnya.

Ada kemungkinan bahwa pelepasan hormon ketika klimaks juga dapat berfungsi sebagai obat penenang alami. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.800 orang perempuan Amerika yang melakukan masturbasi menemukan bahwa sebanyak 32 persen diantaranya mengaku melakukannya agar dapat tertidur.

4. Memperbaiki penampilan karena terlihat lebih muda

Orgasme ternyata juga baik untuk penampilan. Dalam sebuah penelitian terhadap 3.500 orang, orang yang dinilai nampak terlihat 7-12 tahun lebih muda hampir selalu mencapai orgasme sendirian, namun kurang dari setengahnya yang mengaku mencapai orgasme selama bercinta dengan pasangan.

No comments: