Tuesday, 24 July 2012

Perempuan Secara Semulajadi Punya Sifat Melindungi

Vera Farah Bararah - detikHealth

img

 Setiap orangtua pasti ingin melindungi anaknya dari segala macam bahaya. Tapi ternyata perempuan memiliki sifat alami untuk melindungi anak-anak meski itu bukan anak kandungnya sendiri.

Para ilmuwan menemukan perempuan memiliki naluri yang kuat di dalam tubuhnya untuk bersikap lebih hati-hati dan melindungi jika berhadapan dengan anak-anak sehingga ia tidak melakukan hal-hal yang berisiko. Sedangkan laki-laki tidak banyak mengubah sikapnya jika ada bayi atau anak di sekitarnya.

Peneliti dari University of Warwick dan University of Basel mengungkapkan laki-laki lebih mungkin untuk mencari risiko sementara perempuan lebih mau menanggung risiko untuk melindungi keturunannya.

Dalam studi ini tim mengamati 80 siswa sekolah yang bermain judi sendirian lalu dipasangkan dengan laki-laki dan bergantian dengan perempuan. Didapatkan laki-laki mengambil lebih banyak risiko dibanding perempuan.

"Ini merupakan studi pertama yang melihat langsung efek laki-laki dan perempuan terhadap perilaku berisiko di sekitar anak," ujar Dr Thomas Hills dari Department of Psychology di University of Warwick, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (20/4/2012).

Dr Hills menuturkan meski dalam studi ini perempuan tidak dipasangkan dengan anak kandungnya sendiri, tapi hal ini secara substantial sudah cukup mengubah perilaku perempuan ketika ia berada di dekat anak-anak atau bayi.

Hasil studi ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior dan menunjukkan bahwa perempuan secara naluri memiliki sifat melindungi dan hal ini tidak berlaku pada laki-laki.

No comments: